Forum Sava Cell™


 
IndeksFAQPencarianPendaftaranLogin

Share | 
 

 THE INDONESIAN OPERATING SYSTEM!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
staff moderator
staff moderator
Staff moderator
Staff moderator

Jumlah posting : 80
Reputasi 2
Join date : 06.04.11
Lokasi : Borneo

PostSubyek: THE INDONESIAN OPERATING SYSTEM!   Sat May 21, 2011 12:48 am
Setelah dikembangkan dalam 6 bulan terakhir saat ini Tim BlankOn dengan ini mengumumkan peluncuran rilis akhir dari BlankOn 4.0 (Meuligoe), “Fajar baru perangkat lunak legal dan kreatif, untuk dan oleh anak negeri”.

BlankOn kali ini menggunakan kode nama Meuligoe (cara baca: meu-ligo) yang berasal dari bahasa Aceh, dalam rilis Meuligoe ini BlankOn menggunakan tema kebudayaan Aceh sebagai tampilan utamanya. Dalam rilis Meuligoe, BlankOn melakukan perubahan fundamental yang meliputi dibuatnya situs pusat pengembangan BlankOn yang sebelumnya berada di Launchpad.net, penyegaran logo, warna dasar, pembuatan forum pengguna, dibangunnya gudang berkas iso harian, dikeluarkanya versi alternate dan Live CD secara bersama-sama.

Ahmad Haris, seorang pengembang yang berlokasi di Aceh mengatakan, “Infrastruktur teknologi informasi yang dibangun di Aceh sangat mendukung sekali untuk mengembangkan open source. Belum lagi dengan adanya dukungan dari Kantor Dinas Dishubkomintel yang memberikan laboratorium komputernya untuk bisa dipakai komunitas linux di sini. Tidak hanya itu saja, server-server di Kantor BPDE pun dikelola oleh pemerintah dengan dukungan komunitas.”. Kemudian Ahmad Haris yang mengusulkan Aceh sebagai tema BlankOn 4.0 (Meuligoe) melanjutkan: “Dari situ saya memiliki wacana untuk mengusulkan kalau rilis BlankOn 4 menggunakan corak khas Aceh agar masyarakat di sini bisa belajar dan familiar dengan BlankOn yang dari sananya dibuat untuk kebutuhan rakyat Indonesia dibidang komputer pada umumnya.”

Bersamaan dengan rilis ini juga BlankOn melakukan lomba ketangkasan dan keterampilan yang dinamakan dengan Tantangan BlankOn yang berhadiah total senilai 20 Juta, Tantangan ini disponsori oleh Yayasan Air Putih dan YPLI yang di maksudkan untuk mengkaderisasi dan meningkatkan kualitas SDM pemuda dikarenakan target peserta tantangan BlankOn adalah mahasiwa dan pelajar sehingga diharapkan pengembang BlankOn dapat melakukan regenerasi dan kaderisasi.

“BlankOn adalah karya kreatif anak negeri yang patut mendapat banyak dukungan dan dikembangkan, diciptakan oleh orang-orang yang memiliki kesadaran tinggi untuk meningkatkan kualitas dunia TI di Indonesia” ujar Galuh salah satu anggota pengembang Blankon. “Saya malah membayangkan kalau suatu saat BlankOn bisa sangat dibutuhkan oleh orang Indonesia karena kemudahan dan keunikannya, mungkin suatu saat dunia kesehatan bakal memakai komputerisasi dengan sistem berbasis BlankOn untuk melakukan tindakan medis.” lanjut Galuh yang juga calon dokter dan satu-satunya pengembang wanita di BlankOn Linux.

BlankOn 4.0 (Meuligoe) menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah bidang komputer pada Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan.

KEREN KHAN
terus indo juga punya open source tersendiri yg bernama IGOS
ada buanyak tipe yakni:
IGOS Berdikari
IGOS Billing
IGOS Kwartet
IGOS Laba-laba
IGOS Dwiwarna
IGOS Nusantara
SDN IGOS
Waroeng IGOS

TERNYATA NEGRI KITA TERCINTA INI MAMPU JUGA BERSAING DENGAN OSNYA BULE

love indonesian love indonesian love indonesian love indonesian
Kembali Ke Atas Go down
 

THE INDONESIAN OPERATING SYSTEM!

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Forum Sava Cell™ :: General Computing :: Software-
Navigasi: